KALIMAT EFEKTIF
Kalimat dikatakan efektif
apabila berhasil menyampaikan pesan, gagasan, perasaan, maupun pemberitahuan
sesuai dengan maksud si pembicara atau penulis. Untuk itu penyampaian
harus memenuhi syarat sebagai kalimat yang baik, yaitu strukturnya benar,
pilihan katanya tepat, hubungan antarbagiannya logis, dan ejaannya pun harus
benar.
Dalam
hal ini hendaknya dipahami pula bahwa situasi terjadinya komunikasi juga sangat
berpengaruh. Kalimat yang dipandang cukup efektif dalam pergaulan, belum tentu
dipandang efektif jika dipakai dalam situasi resmi, demikian pula sebaliknya.
Misalnya kalimat yang diucapkan kepada tukang becak, “Berapa, Bang, ke pasar
Rebo?” Kalimat tersebut jelas lebih
efektif daripada kalimat lengkap, “Berapa saya harus membayar, Bang, bila
saya menumpang becak Abang ke pasar Rebo?”
Yang
perlu diperhatikan oleh para siswa dalam membuat karya tulis, baik berupa
essay, artikel, ataupun analisis yang bersifat ilmiah adalah penggunaan
bahasa secara tepat, yaitu memakai bahasa baku.
Hendaknya disadari bahwa susunan kata yang tidak teratur dan berbelit-belit,
penggunaan kata yang tidak tepat makna, dan kesalahan ejaan dapat membuat
kalimat tidak efektif.
Berikut
ini akan disampaikan beberapa pola kesalahan yang umum terjadi dalam penulisan
serta perbaikannya agar menjadi kalimat yang efektif.
1.
Penggunaan dua kata yang sama artinya dalam sebuah kalimat :
-
Sejak dari usia delapan tauh ia telah ditinggalkan ayahnya.
(Sejak usia delapan
tahun ia telah ditinggalkan ayahnya.)
-
Hal itu disebabkan karena perilakunya sendiri
yang kurang menyenangkan.
(Hal itu disebabkan perilakunya
sendiri yang kurang menyenangkan.
-
Ayahku rajin bekerja agar supaya dapat
mencukupi kebutuhan hidup.
(Ayahku rajin bekerja agar
dapat memenuhi kebutuhan hidup.)
-
Pada era zaman modern ini teknologi berkembang sangat pesat.
(Pada zaman modern
ini teknologi berkembang sangat pesat.)
-
Berbuat baik kepada orang lain adalah merupakan tindakan
terpuji.
(Berbuat
baik kepada orang lain merupakan tindakan terpuji.)
2. Penggunaan kata berlebih yang ‘mengganggu’
struktur kalimat :
-
Menurut berita
yang saya dengar mengabarkan bahwa kurikulum akan
segera diubah.
(Berita yang saya dengar
mengabarkan bahwa kurikulum akan segera diubah. / Menurut berita yang saya
dengar, kurikulum akan segera diubah.)
-
Kepada yang
bersalah harus dijatuhi hukuman setimpal.
(Yang bersalah harus dijatuhi
hukuman setimpal.)
3. Penggunaan imbuhan yang kacau :
-
Yang meminjam
buku di perpustakaan harap dikembalikan.
(Yang meminjam buku di perpustakaan
harap mengembalikan. / Buku yang dipinjam dari perpustakaan harap dikembalikan)
-
Ia diperingati oleh kepala sekolah
agar tidak mengulangi perbuatannya.
(Ia
diperingatkan oleh kepala sekolah
agar tidak mengulangi perbuatannya.
-
Operasi yang dijalankan Reagan memberi dampak buruk.
(Oparasi yang dijalani
Reagan berdampak buruk)
-
Dalam pelajaran BI mengajarkan juga teori apresiasi
puisi.
(Dalam
pelajaran BI diajarkan juga teori apresiasi
puisi. / Pelajaran BI mengajarkan
juga apresiasi puisi.)
4. Kalimat tak selesai :
-
Manusia yang secara kodrati
merupakan mahluk sosial yang selalu ingin berinteraksi.
(Manusia
yang secara kodrati merupakan mahluk sosial, selalu ingin berinteraksi.)
-
Rumah yang besar yang
terbakar itu.
(Rumah
yang besar itu terbakar.)
5. Penggunaan
kata dengan struktur dan ejaan yang tidak baku
:
-
Kita
harus bisa merubah kebiasaan yang buruk.
(Kita harus bisa mengubah kebiasaan yang
buruk.)
Kata-kata lain yang sejenis dengan
itu antara lain menyolok,
menyuci, menyontoh, menyiptakan, menyintai, menyambuk, menyaplok, menyekik,
menyampakkan, menyampuri, menyelupkan dan
lain-lain, padahal seharusnya mencolok, mencuci, mencontoh, menciptakan,
mencambuk, mencaplok, mencekik, mencampakkan, mencampuri, mencelupkan.
-
Pertemuan
itu berhasil menelorkan ide-ide cemerlang.
(Pertemuan itu telah menelurkan ide-ide
cemerlang.)
-
Gereja
itu dilola oleh para rohaniawan secara professional.
(Gereja itu dikelola oleh para rohaniwan secara
professional.)
- tau
à tahu -
negri à negeri
- kepilih à terpilih
- faham à paham
- ketinggal à tertinggal - himbau
à imbau
- gimana à bagaimana - silahkan à silakan
- jaman à zaman - antri à antre
- trampil à terampil - disyahkan à disahkan
6. Penggunaan tidak tepat kata ‘di mana’ dan
‘yang mana’ :
-
Saya
menyukainya di mana sifat-sifatnya sangat baik.
(Saya menyukainya karena sifat-sifatnya
sangat baik.)
-
Rumah
sakit di mana orang-orang mencari kesembuhan harus selalu bersih.
(Rumah sakit tempat orang-orang mencari
kesembuhan harus selalu bersih.)
-
Manusia
membutuhkan makanan yang mana makanan itu harus mengandung zat-zat yang
diperlukan oleh tubuh.
(Manusia membutuhkan makanan yang mengandung
zat-zat yang diperlukan oleh tubuh.)
7. Penggunaan kata ‘daripada’ yang tidak tepat :
-
Seorang daripada
pembatunya pulang ke kampung kemarin.
542 titanium lightbulbs | TITIAN HIRLIGHT
BalasHapus542 titanium solvent trap monocore TITIAN lightbulbs | TITIAN HIRLIGHT. 542 TITIAN HIRLIGHT. 602. 601. 612. 613. 614. 615. columbia titanium boots 616. 617. 618. 619. 619. 4x8 sheet metal prices near me 620. 621. 622. 623. 624. 625. 626. 627. 628. 629. 629. 6View titanium dental 27 more stiletto titanium hammer rows